10 Hal yang Harus Anda Detox di Minggu Pertama Tahun 2016

Buang hal-hal tidak penting dalam hidup Anda dan jalani tahun ini dengan ‘bersih’!

1. Daftar teman di media sosial

Coba cek lagi, dari sekian ribu teman yang ada di Facebook Anda, berapa persen yang sebenarnya Anda kenal? Dari seratusan teman yang ada di Path, berapa yang benar-benar memberi respon terhadap moments Anda? Tahun ini, tidak perlu lagi menghapus mereka dari dunia sosial media Anda. Toh selama ini Anda juga tidak merasakan efek langsung dari keberadaan mereka di sosial media Anda, bukan?

2. Daftar teman di kontak handphone

Bersihkan daftar kontak handphone dari nomor-nomor yang tidak perlu. Tidak ada salahnya menyimpan nomor kontak seseorang yang Anda pikir akan berguna nantinya jika dibutuhkan. Tapi jika Anda bahkan tidak bisa mengingat wajahnya saat melihat nama kontaknya di dalam daftar kontak Anda, mungkin orang tersebut sudah tidak relevan lagi di kehidupan atau kegiatan Anda.

3. Inbox email

Ternyata jumlah email rata-rata di sebuah inbox adalah 3,000. Berapa email yang saat ini ada di inbox Anda? Jika lebih, mungkin saatnya untuk men-detox inbox email Anda. Pisahkan email pekerjaan dengan email tagihan dari bank atau email newsletter dari website favorit Anda. Buat folder dan tandai dengan membuat label khusus untuk setiap folder, misalnya “Office” untuk email pekerjaan atau “Fun” untuk email dari teman-teman. Jika perlu, unsubscribe dari mail list yang Anda rasa tidak menguntungkan untuk Anda. Dengan begini, isi inbox Anda lebih rapi.

4. Isi tas dan dompet

Kaget tiba-tiba menemukan bungkus permen yang hampir 6 bulan ada di dalam tas atau bon belanja saat membeli sepatu favorit Anda setahun lalu? Sekarang saatnya membongkar isi tas dan dompet untuk membuang hal-hal tidak penting yang selama ini tersembunyi di sana.

5. Selfie di album foto

Di tengah-tengah ratusan koleksi foto-foto di album gadget Anda, pasti tersimpan setidaknya puluhan selfie yang pernah Anda lakukan di kamar, di mobil bahkan di lobby sebuah kantor saat Anda sedang menunggu wawancara kerja. Daripada memakan space, lebih baik delete foto-foto selfie yang menurut Anda kurang oke dan simpan sisanya, just in case bisa dipakai untuk me-refresh profile picture Whatsapp atau akun media sosial Anda.

6. Daftar teman yang ‘omong doang’

Punya teman yang sering tiba-tiba mengontak Anda dan selalu mengajak untuk bertemu, tapi tidak pernah menepati janjinya? Padahal Anda sudah sengaja meluangkan waktu, tapi dia selalu saja ada alasan untuk membatalkannya. Mulai sekarang, tidak perlu lagi berharap atau membuat janji sama dia. Kalau dia memang benar-benar mau bertemu, seharusnya dia sudah mengusahakannya sejak dulu. Anda masih punya banyak teman lainnya, kok.

7. Daftar mantan

Anda mungkin memang sudah move on dari mantan pacar, tapi kok masih ada barang pemberiannya yang Anda simpan di kamar? Kalau memang kelihatannya Anda dan dia tidak akan balikan lagi, lebih baik singkirkan saja semua hal yang berhubungan dengan dia, bahkan termasuk nomor teleponnya. Bukan berarti memaksakan diri untuk melupakan dia, tapi lebih kepada memulai awal yang bersih tanpa terpolusi oleh hal-hal yang mengingatkan Anda pada dia. Anda tetap bisa kok mendapat update tentang kabar dia via media sosial.

8. Pikiran negatif

Apakah Anda sering mengkritik diri sendiri hingga akhirnya merasa diri Anda tidak mampu atau tidak percaya diri untuk melakukan sesuatu hal? Tahun ini sudah bukan tahunnya berpikiran negatif. Tahun ini harus mulai Anda isi dengan pikiran-pikiran positif yang bisa memotivasi Anda untuk melakukan hal yang menurut Anda mustahil untuk dilakukan. Coba urutkan apa saja pikiran-pikiran negatif yang ada di dalam pikiran Anda, lalu cari solusi positif untuk mengatasi setiap pikiran negatif tersebut. Atau lihat daftar mantra yang bisa Anda jadikan motivasi setiap pagi agar tetap berpikiran positif sepanjang hari.

9. Rak sepatu

Yakin masih ingin memakai sepatu high heels yang membuat kaki Anda lecet sampai membuat Anda berjanji tidak akan memakainya lagi? Buat apa disimpan lama-lama di dalam rak? Kumpulkan semua sepatu-sepatu yang menurut Anda tidak akan pernah Anda pakai lagi (termasuk gladiator sandals yang baru Anda pakai tiga kali) dan jual lewat acara garage sale. Ajak teman-teman untuk bergabung karena pasti mereka pun punya banyak baju atau sepatu tidak terpakai, tapi masih layak untuk dijual kembali.

10. Daftar resolusi

Memasuki minggu pertama di tahun baru, coba lihat lagi daftar resolusi yang Anda buat sebulan sebelum tahun 2015 berakhir dan buang resolusi yang kelihatannya kurang realistis. Diet garam selama sebulan? Are you sure? Stop membuat resolusi yang terlalu muluk yang akhirnya malah membuat resolusi Anda gagal untuk dilakukan. Inti dari resolusi tahun baru adalah menjadi pribadi yang lebih baik, bukan menjadi manusia super.



sumber

0 Response to "10 Hal yang Harus Anda Detox di Minggu Pertama Tahun 2016"

Post a Comment