Tips merawat bayi kelinci

Tepat hari Minggu ini 31/08/2013, pasangan kelinciku melahirkan 5 ekor anak kelinci yang lucu dan imut, Sebelumnya memang sudah terlihat kalau pasangan kelinciku ini yang betina sedang hamil ditandai dengan berat badannya yang bertambah nai dan tampak gemuk.
Ketika lahir, tampak sang induk malah justru tidak menghiraukan anak - anaknya, wah kasihan banget jadinya, akupun mulai bertanya sana - sini bagaimana cara menyelamatkan anak - anak kelinci yang baru lahir ini, akupun juga  mencari rujukan dari buku dan media internet. beberapa informasi merawat kelinci yang kukumpulkan, terutama saat masih baru dilahirkan (bayi).
  • Agar tidak repot nanti setalah sang induk melahirkan sebaiknya, induk kelinci yang akan melahirkan dipisahkan dengan kelinci lainnya, jangan dicampur di satu kandang, ini nantinya agar memberi kelulasaan pada si bayi agar tidak terijak-injak dengan kelinci lainnya.
  • Setelah melahirkan bisa juga dibuatkan tempat khusus semacam kotak untuk bayi kelinci, saat setelah melahirkan biasanya sang induk merontokkan bulunya, jangan buru - buru membuang bulunya itu bahkan pertanda sang induk sedang membuat sarang untuk bayinya, kumpulkan dan taruh aja bulu - bulu yang rontok ke dalam kotak tempat bayi bisa juga ditambah  daun-daun kering lalau letakan di sudut yang aman dari kelinci - kelinci lainnya.
  • Usahakan jangan memegang bayi kelinci sampai mereka tumbuh bulu karena induknya bisa - bisa tidak mau menyusui dikarenakan baunya tidak dikenali.
  • Selalu menyiapkan makanan didalam kadang, ini menjaga agar sang induk tidak  kehabisan makanan yang berakibat memakan si bayi kelinci. 
Dalam kasus sang induk  yang sehabis melahirkan  tidak mau merawat atau menyususi anaknya, sebaiknya  harus tetap dipaksakan sang induk untuk tetap menyusui anaknya, langkah yang dapat dilakukan :
  • Kumpulkan bayi - bayi  kelinci di tengah kotak, dipegang juga tidak apa-apa, karena induknya memang tidak mau menyusui. 
  • Letakkan induknya di atasnya, pastikan bayi - bayi  itu telah menyusui sambil mengelus-elus induknya.
  • Periksalah setiap perut bayi  kelinci, untuk memastikan  sudah  minum susu dari induknya. usahkan ini dilakukan 3 kali sehari.
  • Setelah bayi kelinci berumur 1,5 sampai 2 bulan, maka bayi - bayi tersebut siap disapih dari induknya.
Semoga bisa bermanfaat

Warm regard from Putri Handayani - Dayani Putri
[Multi Media Technologies (MMTEL) Teuku umar denpasar Bali]
 

0 Response to "Tips merawat bayi kelinci"

Post a Comment