Membuat Nasi Kuning Sendiri di Rumah



Pedagang nasi kuning biasanya kita jumpai pada pagi hari atau sore hari, kadang malam hari banyak juga dijumpai di perkampungan dan di pinggir jalan kota. Dan Umumnya nasi kuning  dijumpai hampir di seluruh tanah air ini.

Nasi Kuning menurut beberapa info bermakna "Kesalamatan" , makanya disetiap acara hajatan
"syukuran" atau juga sering disebut "selamatan" memakai menu utamanya adalah Nasi Kuning, dan para undanganpun sangat antusias untuk menghadiri hajatan dan menanti nasi kuning yang disuguhi oleh si empunya hajat.

Membuat Nasi Kuning sendiri secara tradisional sebenarnya cukup mudah seperti  sebelumnya beras di aron dulu (dimasak setengah matang) setelah itu baru ditanak atau kukus pakai dandang, yuk ini nih cara membuat Nasi Kuning :

Persiapkan dulu Bahan - bahan yang dipersiapkan untuk disajikan 9 - 10 orang,  seperti : 3 kaleng beras  bpakai takaran beras sebesar kaleng susu kental manis,   700 ml santan atau diperkirakan secukupnya, 2 sampai 3 Sendok makan air parutan kunyit, 10 lembar daun pandan, 10 lembar daun salam, 5 batang sereh yang dikeprok dan tidak lupa siapkan garam dan penyedap masakan  secukupnya.
Eh jangan lupa juga bahan tambahan lain untuk penyajian seperti telur dadar, tempe manis, perkedel.

Setelah itu  :

Pertama kali cuci beras, lalu masukan santan diukur jarak santan dan  permukaan beras 1 ruas jari, masukan juga sereh, daun pandan, air kunyit,salam, garam dan penyedap rasa seperti vetsin (secukupnya).

Lalu  berasnya di aron sampai santannya menyusut, Siapkan dandang, setelah dandang siap kemudian Nasi  yang sudah di aron tadi ditanak atau kukus kurang lebih 45 menit. Sampai keluar aroma wangi , hmmm aromanya terasa lezat, dan mudah bukan membuatnya.nasi kuning telah siap tinggal disajikan dengan tambahan variasi.

Banyak variasi dalam penyanjiannya  antara lain :

Kita bisa menambahkan lauk seperti dadar telur yang diiris tipis - tipis, perkedel,teri, kacang,  timun (dipotong-potong) bisa juga lainnya tergantung selera.

(Putri Handayani - Dayani Putri)

5 Responses to "Membuat Nasi Kuning Sendiri di Rumah"