Manfaat Madu bagi kesehatan

Sebenarnya madu merupakan makanan cadangan bagi lebah untuk menghadapi kemungkinan masa paceklik. Madu lebah berbentuk cair, lengket, berasa manis dan banyak memiliki khasiat bahkan tak ada yang bisa menandingi khasiat madu. Mulai dari menjaga kesehatan, pengobatan bahkan untuk pertolongan pertama.

Madu memiliki komponen kimia yang memiliki efek koligemik yakni asetilkolin. Khasiat Asetilkolin dalam madu bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah dan mengurangi tekanan darah. Jenis gula yang terdapat dalam madu akan terserap langsung oleh darah sehingga menghasilkan energi lebih cepat bila dibandingkan dengan gula biasa.

Madu juga kaya akan kandungan antioksidan. Antioksidan fenolat dalam madu memiliki daya aktif tinggi serta bisa meningkatkan perlawanan tubuh terhadap tekanan oksidasi (oxidative stress).
Disamping kandungan gulanya yang tinggi (fruktosa 41,0 %; glukosa 35 %; sukrosa 1,9 %) madu juga mengandung komponen lain seperti tepung sari dan berbagai enzim pencernaan. Disamping itu madu juga mengandung berbagai vitamin seperti vitamin A, B1, B2, mineral seperti kalsium, natrium, kalium, magnesium, besi, juga garam iodine bahkan radium. Selain itu madu juga mengandung antibiotik dan berbagai asam organik seperti asam malat, tartarat, sitrat, laklat, dan oksalat. Karena itu madu sangat tinggi sekali khasiatnya.

Khasiat dan manfaat yang ada didalam kandungan madu murni yakni:

=> Membantu menjaga stamina dan kesehatan Ibu hamil karena memberikan asupan gizi yang tinggi bagi pertumbuhan janin yang sehat selama dalam kandungan

=> Membantu perkembangan otak bayi, karena setiap harinya otak terus berkembang

sampai dengan usia 5 tahun. Untuk itu ia membutuhkan gizi yang tinggi.

=> Mengobati luka bakar. Madu memiliki spesifikasi anti proses peradangan.

=> Meningkatkan nafsu makan Anak-anak ( adanya unsur vitamin B yang lengkap dalam madu),dan mempercepat pertumbuhan fisik sehingga anak tumbuh sehat , lincah dan riang serta tahan penyakit.

=> Mengembalikan  stamina dari kelelahan dan stress.

=> Makanan terbaik yang sangat diperlukan bagi lansia yang organ pencernaannyasudah mulai berkurang fungsinya, karena madu adalah sumber energi dan gizi yang dapat diserap langsung oleh tubuh.

=> Bila digunakan untuk bersikat gigi bisa memutihkan dan menyehatkan gigi dangusi, mengobati sariawan dan gangguan mulut lain.

=> Dengan menggunakan cairan madu berkadar 90% (madu dicampur air hangat) dua harisekali di bagian-bagian yang terinfeksi di kepala, diurut pelan-pelan selama2-3 menit, madu dapat membunuh kutu, menghilangkan ketombe, memanjangkan rambut, memperindah dan melembutkannya serta menyembuhkan penyakit kulit kepala.

=> Mampu menurunkan kadar glukosa darah penderita diabetes karena adanya unsurantioksidan yang menjadikan asimilasi gula lebih mudah di dalam darah sehinggakadar gula tersebut tidak terlihat tinggi. Madu nutrisi kaya vitamin B1, B5,dan C dimana para penderita diabetes sangat membutuhkan vitamin-vitamin ini.Sesendok kecil madu alami murni akan menambah cepat dan besar kandungan guladalam darah, sehingga akan menstimulasi sel-sel pankreas untuk memproduksiinsulin. Sebaiknya penderita diabetes melakukan analisis darah dahulu untukmenentukan takaran yang diperbolehkan untuknya di bawah pengawasan dokter.

=> Mencegah terjadinya radang usus besar, maag dan tukak lambung. Madu berperan
baik melindungi kolon dari luka-luka yang biasa ditimbulkan oleh asam asetat
dan membantu pengobatan infeksi lambung (maag). Pada kadar 20% madu mampu
melemahkan bakteri pylori penyebab tukak lambung di piring percobaan.

Madu murni sudah dimanfaatkan oleh manusia sejak ribuan tahun silam, namun sekarang banyak ditemukan madu yang tidak sintetis, maka diperlukan kejelian dalam memilih madu, karena khasiat madu diatas tak akan ditemukan didalam kandungan madu yang tidak murni. (suara merdeka)

0 Response to "Manfaat Madu bagi kesehatan"

Post a Comment