Perawatan Kencantikan dengan bahan Alami


Bahan segar alami yang sering kita temukan di dapur dapat digunakan untuk merawat kencantikan. Selain mudah didapat, murah dan berkhasiat prima, karunia alam ini jauh dari efek samping yang merugikan. Yang bisa terdapat dalam bentuk bahan kosmetika kimia.

Banyak jenis pembersih muka yang dapat ditemukan di dapur, sepotong kentang yang dibelah menjadi dua bagian dan kemudian diusapkan pada kulit, akan menjadi pembersih kulit alami yang baik di samping susu dan yoghurt.

Beberapa macam bahan alami yang mungkin dapat anda temukan didapur untuk menjaga kecantikan anda antara lain:

1. Mentimun
Air mentimun mengandung bahan astrigen, sehingga baik untuk kulit berminyak, selain itu mentimun juga berperan sebagai pemutih. Sementara itu irisannya dapat mengurangi kelelahan mata. Untuk tonik gunakanlah parutan mentimun yang sudah disaring. Oleskan cairan secukupnya ke seluruh wajah dengan menggunakan kapas bersih.



Untuk pemutih gunakanlah separoh mentimun parut, kemudian campurkan dengan dua sendok susu segar. Bubuhkan pada wajah sekitar leher, diamkan beberapa saat lalu dibilas dengan air bersih.
Untuk mengatasi keletihan, ambil sebuah mentimun berukuran sedang, potong dan lumatkan ke dalam blender, campurkan dua sendok susu bubuk dan putih telur. Balurkan campuran ini pada wajah dan leher, biarkanlah selama 30 menit lalu basuh dengan air hangat.

2. Wortel
Bagi kulit yang berjerawat, gunakanlah masker wortel. Pilih wortel yang bagus jingganya, parut dan lumatkan dengan blender. Masker wajah ini dioleskan pada kulit yang berjerawat selama 20-30 menit, lalu basuh dengan air hangat.

Kita tahu bahwa wortel mengandung beta karoten yang baik khasiatnya bagi kesehatan. Sebenarnya masih banyak lagi bahan dari dapur yang dapat dipakai sebagai kosmetika. Selain menggunakan bahan kosmetika alami dari luar, juga dapat memberikan bahan kosmetika dari alam, yakni dengan mengkonsumsi sari buah dan sayuran segar setiap hari. Ini akan membagu merawat kecantikan kulit Anda.

3. Daun Seledri
Seledri berdaun halus dan bertangkai panjang, memiliki aroma khas. Berkhasiat menyuburkan dan menghitamkan rambut, sehingga dapat mencegah kerontokan rambut beruban. Setelah keramas, ambil daun seledri yang segar, remaslah dan gosokan ke kulit kepada sambil melakukan pemijatan ringan. Biarkan beberapa saat, lalu dibilas.
Jika Anda berbadan kurus, kurang nafsu makan, buatlah jus seledri. Haluskan daun seledri, tambahkan air dan saring. Setengah cangkir perasan seledri dicampur madu, dapat membangkitkan nafsu makan, sehingga tubuh Anda lebih berisi (tampan atau seksi).

4. Daun Selada
Selada jika dilihat sepintas seperti lobak yang berdaun kembang. Mengandung bahan yang dapat menenangkan kulit, karena itu dapat digunakan untuk kulit yang lelah, sehingga otot-otot menjadi rileks kembali.

Dapat menghilangkan atau mengurangi garis-garis ketegangan pada kulit. Makanlah daun selada sebanyak mungkin, baik sebagai lalap maupun dalam campuran makanan lainnya.

5. Kentang
Kentang mempunyai khasiat membuat mata yang lelah kembali bersinar serta dapat menghilangkan bengkak pada mata. Parutlah kentang lalu masukkan ke dalam kain tipis yang bersih (kain kasa atau kain mori) dan kompreskan ke kelopak mata.

Gunakan parutan kentang segar. Jus kentang sebagaimana jus stroberi juga sering dipakai untuk pembersih kulit seperti halnya mentimun dan susu.

Masih banyak lagi bahan alamiah yang sangat bermanfaat bagi kecantikan dan kesehatan tubuh kita yang harus digali. Apalagi negara kita kaya akan hasil bumi untuk bahan dasar obat kencantikan dan kesehatan.

0 Response to "Perawatan Kencantikan dengan bahan Alami"

Post a Comment