Berkunjung ke hutan Bakau (Mangrove) TAHURA


Aku dan teman - teman kantor berkesempatan jalan-jalan menikmati kawasan Hutan Mangrove yang terletak di Taman Hutan Raya Mangrove yang terletak Ngurah Rai di Kota Denpasar. Hutan mangrove ini juga termasuk kawasan wisata Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai.

Kawasan hutan mangrove ini telah ditata sedemikian rupa, terdapat jalan setapak yang terbuat dari kayu menambah kesan cantik dan asri, tempat ini juga menjadi tempat rekreasi bagi masyarakat kota Denpasar maupun wisatawan mancanegara.

Hutan bakau atau disebut juga hutan mangrove adalah hutan yang tumbuh di atas rawa-rawa berair payau yang terletak pada garis pantai dan dipengaruhi oleh pasang-surut air laut. Hutan ini tumbuh khususnya di tempat-tempat di mana terjadi pelumpuran dan akumulasi bahan organik. Baik di teluk-teluk yang terlindung dari gempuran ombak, maupun di sekitar muara sungai di mana air melambat dan mengendapkan lumpur yang dibawanya dari hulu.(wikipedia)

Ekosistem hutan bakau bersifat khas, baik karena adanya pelumpuran yang mengakibatkan kurangnya aerasi tanah; salinitas tanahnya yang tinggi; serta mengalami daur penggenangan oleh pasang-surut air laut. Hanya sedikit jenis tumbuhan yang bertahan hidup di tempat semacam ini, dan jenis-jenis ini kebanyakan bersifat khas hutan bakau karena telah melewati proses adaptasi dan evolusi.(wikipedia)

Didalam Tahura ini terdapat menara (Sunbird Tower) dan terletak ditengah-tengah hutan Mangrove, banyak pengunjung dapat melihat pemandangan sekitar Hutan mangrove  dan juga biasanya kawasan hutang mangrove ini  digunakan buat tempat photograpy dan juga hanya sekedar berfoto ria seperti kami lakukan  dibawah ini :

 
 
 
   
 
 
 
 


Warm regard from Putri Handayani - Dayani Putri 
[multi media technologies (MMTEL) Teuku umar denpasar Bali]

1 Response to "Berkunjung ke hutan Bakau (Mangrove) TAHURA"