Rempah, Obat Alami Yang Dapat Anda Temukan Di Dapur


1. Rosemary
Rosemary adalah anggota dari Liabiatae atau family mint. Dalam bahasa Latin disebut, Rosmarinus officinalis, yang berarti embun laut. Rosemary merupakan tanaman hias yang banyak digemari para ibu, karena aromanya yang khas dan dianggap afdol sebagai aromatherapy dan bermanfaat sebagai pengusir nyamuk. Tak hanya itu, tanaman ini juga dapat dipakai sebagai bumbu dapur.
Sebagai bumbu, rosemary dapat digunakan dalam bentuk kering maupun segar. Aromanya yang harum dapat mengurangi amis pada olahan ayam, ikan, daging, maupun telur. Dressing salad dan barbeque akan terasa lebih istimewa dengan menambahkan rosemary. Namun tahukah Anda, jika tanaman ini mempunyai khasiat dalam melancarkan aliran darah dan juga untuk obat sakit kepala.
Caranya: Campurkan 1 sendok teh daun rosemary kering ke dalam 1 cangkir air panas. Tutup dan diamkan selama 10 menit. Minum sebanyak 3 kali sehari.

2. Jahe
Kandungan substansi thromboxane A2 di dalam jahe mampu melancarkan aliran darah dan mencegah migren.

Caranya: Parut jahe segar. Ambil airnya dan campurkan dengan sedikit air untuk kemudian diminum setiap hari sebanyak 1 atau 2 cangkir.


Untuk Sakit Gigi

1. Cengkeh
Zat-zat yang terkandung di dalam cengkeh mampu meredakan sakit gigi Anda.
Caranya : Gigit-gigit cengkeh di dekat daerah gigi yang sakit


2. Wijen
Biji wijen mengandung sekitar tujuh macam senyawa pereda nyeri, termasuk pula nyeri akibat sakit gigi.

Caranya : Campur ½ cangkir wijen dengan 1 ½ cangkir air hingga cairan hanya tersisa setengahnya. Dinginkan dan teteskan langsung ke gigi yang sakit.

Untuk Sariawan

1. Kayu Manis
Kayu yang manis ini memang telah lama menjadi bumbu dapur yang ada di rumah. Namun tahukah Anda, belum lama ini sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika mengungkapkan kulit kayu manis dapat mencegah dan meringankan gejala penyakit kencing manis (diabetes). Pada kulit batang kayu manis terkandung zat yang merangsang insulin. Aktifitas insulin akan memperlancar proses metabolisme glukosa, sehingga kadar gula di dalam darah bisa ditekan mendekati normal. Selain kayu manis dapat merangsang insulin, kayu manis juga dapat menjadi obat sariawan. Berikut ini membuat ramuan kayu manis untuk obat sariawan.

Caranya : Sediakan 2 jari kulit kayu manis, terus cuci kemudian potong-potong. Rebus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc. saring dan minum airnya selagi hangat 2 sendok makan 3 kali sehari.


Sumber : http://www.infowanita.com/ 

0 Response to "Rempah, Obat Alami Yang Dapat Anda Temukan Di Dapur"

Post a Comment